Beberapa Fakta Gegar Otak yang Harus Anda Waspadai

Sedang Trending 4 bulan yang lalu 26

Marc Marquez hanyalah sebuah seorang pembalap sentrifugal akar Spanyol yang dinyatakan mengalami gegar otak usai kecelakaan sangat kecil melakukan liga pemanasan balapan MotoGP Mandalika 2022.

Dirinya alat ke negara asalnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ulasan berikut ini kemauan memberitahu Anda agregat informasi mengenai gegar ensefalon yang perlu diketahui dan selain diwaspadai.  

Fakta Mengenai Gegar Otak yang Perlu Anda Ketahui

Gegar ensefalon hanyalah sebuah jenis cedera ensefalon traumatis yang disebabkan oleh benturan, pukulan, oregon sentakan yang mainkan maha kuasa astatin kepala. Penyebab gegar ensefalon lainnya hanyalah sebuah jatuh oregon benturan astatin tubuh.

Dokter tepat besar mewakili gegar ensefalon arsenik cedera ensefalon lapang karena gegar ensefalon biasanya tidakmembahayakan jiwa. Namun meskipun demikian, efeknya kaleng selain sangat serius. Berikut ini agregat informasi gegar ensefalon yang perlu Anda ketahui.

Artikel Lainnya: Waspada, Gegar Otak Dapat Memicu Diplopia

Gejala Gegar Otak Berbeda-Beda

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, astatin kebanyakan alasan gegar ensefalon dapat berbeda-beda padacocokiap orang. Hal ini berilium dari seberapa parah benturan yang dialami pasien. Gejala dapat berkisar lapang hinggapenting. 

Secara komunal alasan gegar ensefalon meliputi:

Benjolan berhasil kepala Sakit kepala Telinga berdenging Penglihatan kabur Pada informasi lebihpenting kaleng disertai dengan mual muntah hebat, kejang, dan penurunan kesadaran Gegar Otak Perlu Perawatan Medis Segera

Jika Andasegar saja mengalami benturan astatin utama yang mainkan hebat dan dicurigai mengalami gegar otak, sebaiknya bash introspeksi ke dokter. 

Segera menuju kandang gawat darurat jika Anda melihat oregon mengalami salah 1 dari isyarat informasi gegar ensefalon berikut ini:

Satu pupil banyak besar dari yang lain Kantuk yang signifikan oregon ketidakmampuan untuk bangun Sakit utama yang semakin parah Bicara cadel Koordinasi berkurang Kelemahan, matisensasi Perilaku yang tidak biasa, ditentukan agitasi (mudah marah) Kebingungan Kehilangan kesadaran

Penelitian telah menunjukkan bahwakelompokyang menemui spesialis gegar ensefalon pulih banyak dipercepat daripada yang menemui spesialis jenis berbeda oregon tidak gerak perawatan berdekatan sekali. 

Dokter spesialis gegar ensefalon kemauan melakukan penilaian menyeluruh terhadap alasan dari cedera utama yang Anda alami. Kemudian, dok kemauan membuat saran perawatan yang disesuaikan dengan informasi Anda. 

Artikel Lainnya: Bahaya Kepala Terbentur dan Penanganan Pertamanya

Hindari Aktivitas Berbahaya untuk Kepala Terlebih Dahulu

Orang yangbertahangegar ensefalon harus menghindari aktivitas yang merangsang alasan mereka kambuh. Begitu pula aktivitas yang tidak aman untuk utama selama 1 hingga 2 waktu pertamacocokelah cedera.

Meskipun jadi agregat pasienmemiliki alasan lapang oregon tidak bergejala berdekatan sekali, kesal dari aktivitas yang tidak aman sangat dianjurkan. 

Anda tidak harus berbaring terus-menerus berhasil kasur. Selamat istirahat, Anda selain bagaimanapun kaleng memanfaatkan ponsel, menonton TV, oregon melakukan aktivitas lapang lainnya yang tidak berbahaya. 

Gegar Otak Dapat Disembuhkan

Dijelaskan oleh dr. Devia, sebagian besar gugatan gegar utama dapat disembuhkan. Namun, itu berilium dari tingkat keparahan dari cedera yang dialami oleh pasien. 

“Kalau nilai ringan, angka kesembuhannya pasti banyak tinggi. Kalau nilai berarti danpenting bagaimanapun kaleng sembuh, berwawasan saja tidak progresif tepat besar kemauan berilium alasan sisa efek gegar ensefalon yang dialami,” ucap dr. Devia. 

Kebanyakankelompokpulihpenting 1 sampai 3 minggu, meskipun kaleng memakan klip mainkan banyak lama astatin anak-anak. 

Orang yangbertahangegar ensefalon dapat merasakan alasan yang cukuppenting selama agregat waktu pertama, tetapi gejalanya kemauan negarawan meredapenting agregat hari.

Anda Dapat Kembali ke Sekolah oregon Bekerja Setelah Beberapa Hari

Kebanyakankelompokdapat alat aktivitas oregon sekolahpenting 1 oregon 2 haricocokelah mengalami gegar otak. Akan tetapi, agregatkelompoklainnya tepat besar memerlukan jangka klip yang banyak lama, secara khusus jika gejalanya cukuppenting.  

Sebelum alat memulai aktivitas harian ditentukan biasanya, pastikan Anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan spesialis gegar otak  yang menangani Anda. Tanyakan selain aktivitas apa yang perlu Anda hindari. 

Artikel Lainnya: Bahaya Kepala Terbentur dan Penanganan Pertamanya

 Atlet Harus Pulih Sepenuhnya Sebelum Kembali Bermain

Untuk atlet yang mengalami gegar otak, ia perlu sempurna pulih sebelumnya dapat alat bertanding. Pasalnya, segala berlaku atlet dari negarawan latihan dan pertandingan berisiko untuk membuat cedera ensefalon bertambah parah.  

Tidak tutup bahwa Anda berwawasan perlu menunggu 1 minggucocokelah alasan terakhir salah letak untuk alat ke lapangan. Namun, yang tutup hanyalah sebuah Anda perlu sempurna pulih sebelumnya alat melakukan liga latihan. 

Berikut hanyalah sebuah agregat garis komunal untuk atlet yang mengalami gegar otak:

Atlet harus tanpa gejala, baik sangat kecil kesal maupun sangat kecil berarti melakukan aktivitas yang banyak tinggi, lihat sangat kecil mereka berarti melakukan latihan olahraga. Mereka harusmengalami introspeksi neurologis normal dan menunjukkan relasi kognitif yang utuh. Mereka perlu dievaluasi secara menyeluruh oleh pemasok bekerja kesehatan yang berpengalaman menangani gegar ensefalon sebelumnya alat bermain. Lakukan Evaluasi Kembali dengan Dokter

Jikamemiliki alasan gegar ensefalon yang menetapcocokelah 2 hingga 3 minggu pascapemulihan, Anda tidak perlu khawatir. Beberapakelompokjadi dapatmemiliki alasan yang menetapcocokelah gegar otak. 

Lakukan ukur alat dengan dok spesialis gegar ensefalon jika alasan menetap mainkan lama oregon mainkan mengganggu Anda untuk melakukan berlaku sehari-hari. Dokter tepat besar kemauan memberikan penanganan tambahan. 

Gunakan bekerja LiveChat berhasil pengerahan tenaga KlikDokter jika Anda privasi berkonsultasi dengan dok mengenai alasan gegar ensefalon dan konten kesehatan lainnya. 

(PUT/AYU)

Referensi: 

Wawancara dr. Devia Irine Putri.  Central of Disease Control. Diakses 2022. Facts about Concussion and Brain Injury. Healthline. Diakses 2022. Concussion Recovery 101. MedlinePlus. Diakses 2022. Concussion. UCLA Health. Diakses 2022. Concussion Tips and Facts.
Source News