[Cek Fakta] Benarkah Jokowi Menipu dengan Membagi-bagikan Sertifikat Tanah Palsu ke Ratusan Warga di Bogor? Ini Faktanya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 8

Beredar sebuah komunikatif bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menipu dengan membagi-bagikan sertifikat palsu kepada sejumlah warga. Narasi ini beredar berhasil media sosial.
 
Adalah hubungan twitter @ANDINI_MAHARAN1 yang turut mengunggah komunikatif tersebut, 3 Juli 2022. Akun itu mengomentari sebuah kualitas dari Tempo.co berjudul "300 Sertifikat Tanah Redistribusi dari Jokowi Disita Satgas BLBI, Kementerian ATR/Kepala BPN Angkat Bicara".
 
Berikut komunikatif yang menjadikomentar hubungan twitter tersebut:

"RAKYAT DI TIPU
@jokowi
DENGAN BAGI- BAGI SERTIPIKAT TANAH PALSU.
ayo tegakkan alat berhasil negri ini, adilikelompokyg bagi2x sertipikat hancur palsu itu nonstop kpd orang .

Bagaimana tanggapan anda mengenai nonfiksi ini?


 
ayo Boong laporkan."

[Cek Fakta] Benarkah Jokowi Menipu dengan Membagi-bagikan Sertifikat Tanah Palsu ke Ratusan Warga berhasil Bogor? Ini Faktanya
Benarkah demikian?
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, pernyataan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menipu dengan membagi-bagikan sertipikat palsu kepada sejumlah warga, tidak berdasar. Faktanya, pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) telah memberikan klarifikasi.
 
Hal itu ditentukan dimuat Tempo.co pada Senin 27 Juni 2022 pukul 10.05 WIB. Sebanyak 300 transmisisesiredistribusi hancur yang berada berhasil Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, telah dilegalisasi jatuh tempo dengan tahapan yang tercantumpenting peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjantojaminan tidak kemauan berilium orang yang dirugikanpenting konten ini. Pihaknyasetengahmendalami permasalahan yang berkaitan dengan langkah yang dilakukan Satuan Tugas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).


"Solusi apikal konten 300 sertifikat hancur itu kinisetengahdisusun, dan dulu lagi tidak kemauan merugikan orang serta jatuh tempo dengan komitmen dari otorisasi ataupenting hap ini Presiden Joko Widodo," kemenyan pernyataan yang dimuat Tempo.co.

Sebelumnya dikabarkan Satgas BLBI menyita 300 sertifikat hancur berhasil informasi tersebut. Padahal sertifikat hancur itu dibagikan nonstop Presiden Jokowi.
 

[Cek Fakta] Benarkah Jokowi Menipu dengan Membagi-bagikan Sertifikat Tanah Palsu ke Ratusan Warga berhasil Bogor? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menipu dengan membagi-bagikan sertipikat palsu kepada sejumlah warga, tidak berdasar. Faktanya, pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) telah memberikan klarifikasi.
 

Referensi:
https://metro.tempo.co/read/1606022/300-sertifikat-tanah-redistribusi-dari-jokowi-disita-satgas-blbi-kementerian-atrkepala-bpn-angkat-bicara
https://twitter.com/ANDINI_MAHARAN1/status/1543369441786097665
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda mengungkap tuduhan terindikasi hoaks ataumemiliki sanggahan terhadap hasil introspeksi fakta, kemudian melaporkannya dekorasi surel [email protected] oregon WA/SMS ke nomor 082113322016
 

(DHI)

Source News