Centella Asiatica, Ini Manfaat dan Cara Pakai Produknya untuk Kulit

  • Bagikan

Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat Centella asiatica (daun pegagan) untuk wajah. Ekstrak daun pegagan yang digunakan untuk skincare tersedia dalam produk krim, serum wajah, atau ampoule yang dioleskan langsung pada kulit.

Simak penggunaan Centella asiatica untuk kulit wajah dalam ulasan berikut. 

Cara kerja Centella asiatica atasi masalah kulit 

Kandungan aktif daun pegagan dapat menembus ke lapisan kulit dalam dan bekerja langsung pada sel-sel yang mengalami kerusakan. 

Berikut berbagai cara kerja Centella asiatica dalam mengatasi masalah kulit wajah.

1. Mengurangi jerawat

Centella asiatica punya manfaat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di wajah, yaitu Propionibacterium acnes.

Tanaman ini mengandung senyawa madecassoside yang bekerja sebagai antimikroba, sekaligus membantu menekan proses peradangan pada jerawat.

2. Sebagai perawatan anti-aging

Centella asiatica  dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen adalah protein penting yang menyokong jaringan kulit agar tetap elastis.

Inilah alasan mengapa Centella asiatica menjadi salah satu zat aktif yang tidak pernah absen dari produk anti-aging.

3. Melembapkan kulit

Centella asiatica mampu menjaga kulit wajah tetap terhidrasi. Menurut studi yang terbit pada jurnal Indian Journal Of Pharmaceutical Sciences (2016), daun pegagan mengandung gula alami dan senyawa saponin serta polifenol.

Ketiga kandungan ini membantu memperkuat lapisan pelindung kulit atau skin barrier. Lapisan ini membantu menahan kadar air agar tidak menguap di lapisan kulit terluar. 

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/berbagai-penyebab-kulit-kering/

4. Mengurangi efek kerusakan akibat matahari

Centella asiatica bermanfaat mengurangi efek kerusakan pada wajah akibat paparan sinar ultraviolet (UV) B pada matahari.

Sinar UV B mampu merusak DNA pada jaringan terluar kulit sehingga kulit keriput

Menurut penelitian terbitan jurnal Advances in Dermatology and Allergology (2013), kombinasi pemakaian ekstrak daun pegagan dengan vitamin C untuk kulit wajah selama 6 bulan bisa membuat kulit lebih kencang, elastis, lembap.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Daun pegagan mengandung triterpenoid, asiaticoside dan madecassoside. Ketiganya adalah antioksidan yang mampu memperkuat jaringan kulit, memicu produksi kolagen, dan menghambat peradangan.

Untuk itu, Centella asiatica memiliki manfaat mengurangi kemerahan di wajah, memudarkan bekas luka, mempercepat pemulihan luka bakar, hingga menurunkan risiko infeksi luka.

Aturan pemakaian Centella asiatica untuk kulit wajah

Kandungan daun pegagan biasanya ditemukan dalam produk serum, pelembap kulit, dan masker.

Anda perlu mengetahui cara agar skincare dengan kandungan aktif ini bisa menyerap dengan maksimal. 

Perhatikan beberapa hal berikut ini saat menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan Centella asiatica.

1. Tipe kulit berminyak

Sebelum memilih jenis produk yang cocok untuk Anda, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali jenis kulit.

Pada dasarnya, bahan ini aman digunakan untuk semua jenis kulit. Tipe kulit wajah apa pun bisa mendapatkan manfaat Centella asiatica.

Namun, Anda yang memiliki kulit berminyak perlu menghindari produk Centella asiatica berbentuk krim yang sifatnya berat untuk kulit.

2. Tipe kulit sensitif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa memakai Centella asiatica dalam bentuk pelembap atau serum.

Pasalnya, kulit dapat menyerap kedua produk ini dengan lebih baik dibandingkan produk lain yang harus dibersihkan, misalnya masker.

Sementara bila kulit Anda sering tampak kemerahan atau mengalami breakout, ada baiknya menggunakan Centella asiatica dengan rutin untuk mempercepat pemulihan.

3.  Tingkat kekentalan produk

Agar manfaat kandungannya lebih maksimal, gunakan produk perawatan wajah berbahan Centella asiatica secara berurutan berdasarkan tekstur dan kekentalan.

Produk dengan tekstur yang lebih cair bisa dipakai terlebih dahulu. Untuk produk yang lebih kental, Anda bisa menggunakannya di akhir atau sebelum tabir surya.

Efek samping Centella asiatica pada kulit

alergi benzoil peroksida kulit kering gatal

Sejauh ini, tidak ada efek samping berbahaya yang pernah dilaporkan dari pemakaian produk skincare mengandung Centella asiatica.

Efek samping umumnya muncul akibat konsumsi suplemen pegagan dalam jumlah lebih banyak dari yang disarankan.

Seperti skincare berbahan alami lainnya, daun pegagan berpotensi memicu reaksi alergi kulit pada beberapa orang.

Inilah mengapa Anda harus melakukan tes alergi terlebih dahulu. Coba teteskan produk yang mengandung daun pegagan ke kulit Anda.

Setelah itu, diamkan selama 24 jam untuk melihat reaksi yang muncul.  Jika tidak ada reaksi alergi seperti gatal, produk ini cukup aman untuk Anda gunakan.

Manfaat Centella asiatica untuk wajah memang menjanjikan. Namun, Anda perlu mengikuti aturan pemakaian dalam label kemasan ataupun yang disarankan oleh dokter spesialis kulit.

Hentikan penggunaan produk bila Anda mengalami iritasi, reaksi alergi, atau reaksi negatif lainnya.

The post Centella Asiatica, Ini Manfaat dan Cara Pakai Produknya untuk Kulit appeared first on Hello Sehat.

  • Bagikan