Hati-hati! Aplikasi Edit Foto Ini Bawa Malware Pencuri Password Facebook

Sedang Trending 4 bulan yang lalu 13

Jakarta -

Aplikasi Craftsart Cartoon Photo Tools sekilas sekali pakai ditentukan aplikasi edit foto astatin umumnya. Tapi pengerahan tenaga ini diam-diam transportasi malware yang kaleng tawar menawar password Facebook.

Perusahaan informasi siber Pradeo mengungkap pengerahan tenaga Crafstart Cartoon Photo Tools ini disusupi trojan FaceStealer. Saat ini pengerahan tenaga tersebut telah dihapus dari Google Play Store, tapi sebelumnya dihapus pengerahan tenaga ini telah diunduh banyak dari 100.000 kali, ditentukan dikutip dari Bleeping Computer.

Begitu pengerahan tenaga ini dibuka,kelompoktidak kemauan kaleng nonstop memanfaatkan fitur edit foto yang ditawarkan. Aplikasi ini kemauan membuka permukaan login Facebook palsu dankelompokharus login jika privasi memanfaatkan fitur edit fotonya.

Tapicocokelah login, pengerahan tenaga ini berwawasan kemauan menyediakan fitur terbatas dan mengunggah foto yang privasi diedit ke pengerahan tenaga foto online untuk kemudian ditambahkan filter. Foto yang sudah diedit ini kemudian kaleng diunduh olehkelompokuntuk dibagikan ke teman-temannya.

Meski sejauh ini sekali pakai aman, pengerahan tenaga ini diam-diam mengirimkan username dan password Facebookkelompokke server command and control berhasil Rusia yang kaleng dikumpulkan oleh hacker.

Tampilan pengerahan tenaga Craftsart Cartoon Photo ToolsTampilan pengerahan tenaga Craftsart Cartoon Photo Tools Foto: dok. Pradeo

Dari situ, malware akan mengambil sederet tuduhan istimewa dari hubungan Facebookkelompokditentukan kode email dan kode IP, nomor telepon, chat dan riwayat pesan, barangkertaskredit,database teman, dan tidak progresif cukup banyak lagi.

Selain itu,prosedur pengeditan foto selain dilakukan berhasil remote server, bukan berhasil ponsel pengguna, sehingga datakelompokrawan disimpan, dibagikan, oregon dapat diperjualbelikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika naik mengunggah foto selfie untuk diedit, karena lihat mewakili informasi biometrik yang sangat sensitif.

Saat diteliti, ternyata pengerahan tenaga Craftsart Cartoon Photo Toolsmemiliki cukup banyak red flag, ditentukan rating yang berwawasan 1,7 berhasil Play Store dan sebagian besar memberikan rating prima 1, sanksi developer yang digunakan 'Google Commerce Ltd', dan kode email developer memanfaatkan Gmail.

Meskimemiliki cukup banyak red flag, tidak progresif berilium ratusan 1000kelompokyang terkecoh dengan pengerahan tenaga ini karena dianggap tidak tidak aman dan telah lolos dari tinjauan Google sehingga kaleng sekali pakai berhasil Play Store.

Pengguna yang sudah terlanjur mengunduh pengerahan tenaga ini diimbau untuk nonstop menghapusnya. Jika terlanjur menghubungkan hubungan Facebook-nya, disarankan untuk me-reset hubungan Facebook dan mengaktifkan 2FA untuk pemerasan tambahan.

Simak Video "Usai Facebook dan Twitter, Instagram Juga Akan Diblokir Rusia"
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/afr)

Source News