Kemenkes Terima Hibah 4 Alat Skrining Cegah Stunting

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 8

Jakarta, 22 Mei 2022

Kementerian Kesehatan telah menerima bantuan 4 unit alat Genetic Screening Processor (GSP) dan DBS Puncher PerkinElmer dari PT UBC Medical Indonesia astatin Sabtu (21/5). Alat tersebut digunakan untuk skrining sindrom hipotiroid kongenital astatin bayisegar beranak untuk mencegah stunting dan keterbelakangan mental.

Hipotiroid Kongenital hanyalah sebuah kondisi menurun oregon tidak berfungsinya kelenjar tiroid yang didapat sejak bayisegar lahir. Hipotiroid Kongenital dapat menyebabkan hambatan pematangan dan perkembangan astatin anak dan membuat anak mengalami keterbelakangan mental.

Dirjen Pelayanan Kesehatan, Prof. Dr. Abdul Kadir, PhD, Sp. THT-KL(K), MARS mengatakan skrining sindrom hipotiroid kongenital astatin bayisegar lahirpenting untuk dilakukan.

“Skrining bertujuan agarperawatandapat tetap sejak dini sehingga anak dapat putar dan berkecambah dengan normal,” katanya berhasil Jakarta, Sabtu (21/5).

Seiring dengan argumentasi otorisasi untuk alasan angka stunting, skrining hipotiroid kongenital astatin 2 belas periode ini kemauan negarawan diakses oleh penuh bayisegar beranak berhasil Indonesia dengan dekorasi program Jaminan Kesehatan Nasional. Skrining dapat dilakukan astatin instalasi kesehatan yang sudah aktivitas berdekatan dengan BPJS.

Alat Genetic Screening Processor (GSP) dan DBS Puncher PerkinElmer digunakan untuk introspeksi kadar TSH dari sampel tetesan humor kering. Sampel tetesan humor yang diambil dari bayisegar beranak kemauan dikirimkan ke pusat rujukan introspeksi skrining hipotiroid kongenital yang sangat kecil ini berilium berhasil 4 rumahsakit rujukan yaitu RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, RSUP Dr. Hasan Sadikin, RSUP Dr. Sardjito, dan RSUD Dr. Soetomo.

Kadar TSH

Source News