Komnas HAM akan Mengajak Panglima OPM dan Benny Wenda Berdialog

Sedang Trending 4 bulan yang lalu 3

Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) kemauan mengajak bermacam-macam tokoh berhasil Papua untuk dialog damai. Dua berhasil antaranya, Panglima Organisasi Papua Merdeka (OPM) dan Benny Wenda.
 
"Kami terus terang saja, misalnya waktu presiden Komnas HAM hanya Panglima OPM, wah berilium apa, itu sudah satu sampaikan, awal jangan linglung kalau satu ketemu Panglima OPM, itu bukanpenting rangka apa pun, tapipenting rangka mengajak mereka untuk mau masukpenting serang dialog dan tentu saja mengesampingkan serang bersenjata," koneksi Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanikpenting liga pers daring, Rabu, 23 Maret 2022.
 
Selain itu, Komnas HAM kemauan mengajak Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat, Benny Wenda. Saat ini, Benny berada ekstrakurikuler negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai nonfiksi ini?

"Itu sebabnya tanah mengatakan tanah kemauan hanya dengan Benny Wenda, berdekatan Presiden (Joko Widodo) telah amerikakesempatan tanah kemauan hanya dengan Benny Wenda," ujar Taufan.
 
Baca: TPNPB-OPM Pilih Dimediasi PBB Ketimbang Dialog Damai
 
Taufan mengatakan Komnas HAM mengupayakan kayu semak dengan orang kemerdekaan Papua Barat itu. Dialog tawaran itu nantinya selain dihadiri khas otorisasi Indonesia, pihak-pihak yang alasan argumentasi pemerintahan, dan pihak yang menginginkan merdeka.
 
"Tujuannya namun menghentikan kekerasan, menghentikan perjuangan yang memanfaatkan senjata," ucap Taufan.
 
Selain OPM dipenting dan luar negeri, Komnas HAM selain kemauan mengajak dialog bermacam-macam tokoh berhasil Papua. Seperti tokoh agama, adat, dan sembilan sipil.
 
Tidak berwawasan itu, dialog kemauanmempengaruhi pihak yang mewakili tokoh kunci. Menurut dia, tidak progresif berilium tokoh berhasil Papua yang menginginkan NKRI.
 
"Tokoh itu kemauan kita ajak bicara. Kalau menyetujui maka kita fasilitasi kayu semak antara otorisasi Indonesia dengan mereka semua," ungkap dia.
 

(DEV)

Source News