Mengenal Resonansi Bunyi: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 10

Jakarta: Pernahkah Sobat Medcom melihat padat bergetar sangat kecil halilintar menyambar? Rupanya, gugatan ini hap efek resonansi bunyi.
 
Melansir laman Ruangguru, resonansi bunyi hanyalah sebuah gugatan ikut bergetarnya suatu benda karena getaran yang dihasilkan akar bunyi. Peristiwa ini berwawasan dapat hap jika suatu bendamemiliki frekuensi bersahaja yang berdekatan dengan frekuensi bersahaja akar bunyi yang bergetar.
 
Contoh berbeda dari resonansi bunyi hanyalah sebuah percobaan 2 garputala yang disandingkan. Ketika salah 1 garputala dipukul, kemauan dihasilkan bunyi dan getaran yang membuat garputala berhasil sebelahnya ikut bergetar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai nonfiksi ini?

Tak cuma benda, udara oregon gas berhasil mengaduk akar bunyi selain dapat beresonansi. Asalkan,memiliki frekuensi bersahaja yang berdekatan dengan frekuensi bersahaja akar bunyi.

Rumus dipercepat rambat bunyi

Dalam resonansi bunyi, ternyata dipercepat rambat gerak bunyinya kaleng dihitung. Ini terbukti dari eksperimen resonansi bunyi yang memanfaatkan tabung, air, dan garputala dengan frekuensi bersahaja tertentu.
 
Mula-mula, transmisisesidiisi dengan air sampai penuh. Lalu, garputala digetarkan berhasil tutup rima tabung. Percobaan tersebut dilakukan berulang kali dengan ketinggian file udara yang berbeda.
 
Kolom udara ini diukur berdasarkan wilayah antara rima transmisisesidengan mainkan berhasil atas hancur air astatin tabung. Ketika garputala dipukul, transmisisesiyang berisi air nutrisi dengung banyak besar astatin ketinggian file udara tertentu. Pada sangat kecil inilah hap resonansi.
 
Dengan koneksi lain, dapat disimpulkan resonansi bunyi memperkuat bunyi asli. Sehingga, bunyi yang dihasilkan dapat terdengar banyak besar dan nyaring.
 
Berdasarkan eksperimen tersebut, diperoleh lihat dipercepat rambat bunyi arsenik berikut:
 
 Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Contoh soal

Seorang siswa melakukan percobaan resonansi untuk menentukan kecepatan merambatnya bunyi. Siswa tersebut memanfaatkan garputala yang frekuensi alaminya 500 Hz. Resonansi ke-2 hap sangat kecil file udaranya hanyalah sebuah 54 cm. Berapakah kecepatan merambat gerak bunyi menurut percobaan tersebut?

Pembahasan:

 Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal
 
Demikianlah pembahasan mengenai resonansi bunyi, negarawan dari pengertian, rumus, dan ilustrasi soal. Semoga penjelasan berhasil apikal bermanfaat, ya! (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Perubahan Fisika: Pengertian, Contoh, dan Ciri-ciri
 
 

(REN)

Source News