Penyakit Kulit yang Bisa Muncul Akibat Kosmetik dan Skincare

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 17

Tidak masing-masing kosmetik tidak tidak aman dan dapat diterima digunakan masing-masing orang. Produk kosmetik dan skincare seperti sabun, losion, foundation, wewangian, dan lain-lain nyatanya dapat memicu penyerapan alergi oregon iritasi astatin agregat orang. 

Alergi kosmetik dapat menimbulkan agregat penyakit tegumen yang mainkan mengganggu. Apa saja penyakit efek kosmetik yang kaleng muncul? 

Penyebab Terjadinya Penyakit Kulit Akibat Alergi 

Salah 1 penyebab penyebab penyakit tegumen lihat efek kosmetik hanyalah sebuah penyerapan alergi. Sistem kekebalan kumpulan menanggapi berlebihan terhadap duniawi yang tepat besar tidak tidak aman berbeda agregat orang.

Alergen (pemicu alergi) dapat memicu strategi daya gesper kumpulan melepaskan duniawi kimia ditentukan antibodi yang menyebabkan alasan alergi. 

Reaksi alergi terhadap kosmetik yang naik lihat berhasil antaranya gatal, ruam merah, ataupun mengakibatkan penyakit misalnya dermatitis kontak.

Penting untuk melakukan tes alergi tegumen agar kandungan kosmetik yang perlu dihindari kaleng diketahui. 

Artikel lainnya: Mengenal Arti Hypoallergenic astatin Produk Skin Care 

Deretan Penyakit Kulit Akibat Kosmetik

Apa saja kandungan kosmetik yang berisiko tidak aman berbeda penderita alergi kulit? Beberapa contohnya antara berbeda paraben, pewarna sintetik, wewangian, triclosan, formaldehyde, dan formalin. 

Berikut agregat penyakit tegumen yang lihat efek alergi kulit:

1. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak mewakili informasi ruamkemerahandan gatal efek tegumen berkontak nonstop dengan duniawi bersifat iritan oregon menyebabkan penyerapan alergi. Ruam tidak menular dan kebanyakan tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan. 

Zat iritan ataupun alergen kaleng menimbulkan penyakit dermatitis kontak alergi dan dermatitis kontak iritan. 

Dermatitis Kontak Iritan

Reaksi non-alergi tersebut lihat sangat kecil duniawi iritan membuat kerusakan astatin mebel pelindung kulit. 

Sebagiankelompokdapat mengalami penyerapan tegumen terhadap duniawi iritan yang sifatnya maha kuasa bahkan berwawasancocokelah 1 kali terpapar. Tapi, sebagian lainnya mungkinsegar mengalami penyerapan usai paparan yang berulang. 

Sejumlahkelompokjuga dapatmemproses daya gesper oregon menoleransi duniawi iritan tersebut dari klip ke waktu. 

Penyakit iritasi tegumen ini kaleng munculcocokelah agregat menit, berhari-hari, oregon berminggu-minggucocokelah terpapar duniawi kosmetik oregon skincare. Kulit dapat mengalami ruam, perih, lecet, gatal, hingga mengeluarkan cairan sangat kecil digaruk. 

Artikel lainnya: Kenali Gejala Anda Alergi Kosmetik

Dermatitis Kontak Alergi

Dermatitis kontak alergi hap dulu alergen yang telah Anda ketahui bersentuhan nonstop dengan tegumen dan memicu reaksi. Penyakit ini biasanya berwawasan lihat astatin area yang terkena alergen.

Namun, dermatitis kontak alergi selain kaleng dipicu oleh alergen yang memasuki kumpulan dekorasi makanan, perasa, obat, oregon tindakan medis.

Gejala komunal dermatitis kontak alergi hanyalah sebuah gatal-gatal, kemerahan, serta bengkak berhasil wajah, leher, telinga, mata, dan bibir

2. Urtikaria

Urtikaria oregon biduran mewakili informasi tegumen kemerahan dan bentol kecil gatal efek alergi. Keluhan ini dapat munculcocokelah agregat sangat kecil sampai agregat jamcocokelah terpapar duniawi kosmetik oregon skincare. 

Biduran dapat menghilang perlahan dengansamanya ataupun kambuh secara khusus bila terpapar alergen. Biduran dinilai kronis bila ruam dan bentol asal banyak dari enam minggu dan naik kambuh selama berbulan-bulan oregon bertahun-tahun. 

Untuk mengatasinya,biroantihistamin dan antigatal biasanya digunakan untuk mengurangi gejala.

Artikel lainnya: Mengenal Water Free Beauty, Tren Produk Kecantikan Tanpa Kandungan Air

3. Anafilaksis

Anafilaksis mewakili penyerapan alergi unggul yang dapatmembahayakan jiwa. Reaksi anafilaksis yang mengaduk komunal hap dikarenakan nutrisi tertentu, sengatan serangga, obat-obatan, dan lateks. 

Menurut dr. Arina Heidyana, penggunaan kosmetik yang tidak dapat diterima selain dapat menimbulkan anafilaksis astatinkelompoktertentu. “Bisa menimbulkan penyerapan anafilaksis, tetapi ini sangat jarang terjadi,” jelasnya. 

Beberapa alasan yang kemauan lihat dari anafilaksis hanyalah sebuah pusing, mual, muntah, sulit bernapas, serta pembengkakan berhasil wajah, bibir, maupun lidah. 

“Jika memangcocokelah penggunaan kosmetik mengalami anafilaksis, ini kaleng tidak aman karenamembahayakan jiwa. Segera bawa ke rumahsakit jika hap penyerapan anafilaksis,” ujar dr. Arina. 

Pastikan Anda memahami betul kandungan dipenting barang dagangan kosmetik dan skincare yang hendak digunakan. Jika mengalami alergi, hentikan pemakaian agar penyerapan tidak semakin parah oregon memicu penyakit kulit. 

Periksa ke dok jika asal gejala-gejala yang tak kunjung mereda oregon makin parah. Konsultasi kepada dok kulit via Live Chat untuk respons cepat. Dapatkan info kesehatan tegumen lainnya berwawasan berhasil KlikDokter.

(FR/JKT)

Referensi:

Food and Drug Administration. Diakses 2022. Allergens in Cosmetics

Verywell Health. Diakses 2022. Are You Allergic to Your Skincare Products?

Mayo Clinic. Diakses 2022. Contact Dermatitis. 

Mayo Clinic. Diakses 2022. Chronic hives.

American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology. Diakses 2022. Anaphylaxis.

Ditinjau oleh dr. Arina Heidyana

Source News