Penyelesaian Persoalan Unit Link Bisa Diatasi di LAPS SJK

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 7

Jakarta: Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan, persoalan asuransi unit link antara nasabah dan lembaga harus diselesaikan secara musyawarah dengan memanfaatkan lembaga mediasi, arbitrase, maupun Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK).
 
"Jadi, memanfaatkan lembaga perantara ditentukan LAPS itu hanyalah sebuah jalur oregon cara yang benar. Sementara memanfaatkan cara keberatan bukan cara yang tutup dan diyakini tidak kemauan menyelesaikan masalah," ujar Piterpenting pernyataan tertulisnya, Selasa, 22 Maret 2022.
 
Piter selain menambahkan, LAPS hanyalah sebuah jalur alternatif yang kaleng dipilih selain pengadilan. Namun pengadilan terkadang membutuhkan klip yang besaran untuk mendapat putusan yang berkekuatan alat bagaimanapun karena harus dekorasi jenjang Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Tinggi (PT), hingga Mahkamah Agung (MA).

Bagaimana tanggapan anda mengenai nonfiksi ini?

"Proses arbitrase maupun pengadilan mengacu astatin Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 mengaduk Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa, putusan arbitrase bersifat final dan halangan para pihak (final and binding)," ungkap dia.
 
Pada Februari 2022 lalu, ke-3 lembaga keamanan yangsetengahbersengketa yakni Prudential, AXA Mandiri, dan AIA Financial dengankelompoknasabah unit link telah berupaya memfasilitasi penyelesaian persoalan dekorasi LAPS kepada para nasabah. Hal ini pun mendapat dukungan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).
 
Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon mengungkap perusahaan-perusahaan rekan AAJI ada telah melakukan serangkaian upaya untuk bermusyawarah dan menemukansolusi yang jatuh tempo sesuai dengan ketentuan poliscocokiap nasabah. Hal ini arsenik upaya internal dispute resolution yang diamanatkanpenting POJK 1/POJK.07/2013 mengaduk Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.
 
Namun, karena tidak progresif berilium agregat pihak yang belum puas dengansolusi yang ditawarkan, maka ia aktivitas lembaga rekan terkait untuk transportasi upaya penyelesaian penyakit ini dekorasi LAPS SJK secara independen dan obyektif, jatuh tempo dengan POJK dan alat yang berlaku.
 
"Penyelesaian perbedaan dekorasi LAPS SJK ini mewakili suatu cara yang jatuh tempo dan maha sadari jatuh tempo dengan Peraturan OJK yang dapat memberikan kepastian alat berbeda para pihak," tegas Budi.
 

(AHL)

Source News