'Tim Bayangan' Nadiem Dinilai Bikin Kemendikbudristek Mandul

Sedang Trending 2 bulan yang lalu 49

Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, mengakumemiliki 400kelompokyang tergabungpenting "organisasi bayangan". Tim itu, koneksi Nadiem, turut mendesain produk-produk Kemendikbudristek.
 
Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Alpha Amirrachman menyayangkan hap tersebut. Alpha mengukur keberadaan regubayangan tersebut memberi kesan Nadiem tak terima astatin birokrasi Kemendikbudristek yang dipimpinnya.
 
"Alih-alih memberdayakan birokrasi, beliau malah membuatnya mandul dan tidak berdaya," ujar Alphapenting pernyataan tertulis, Jumat, 23 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai nonfiksi ini?

Alpha mengaku linglung dengan penunjukan Nadiem soal regubayangan itu. Sebab, regu malah dibicarakan secara terbuka.
 
"Biasanya organisasibayangan itu tidak dibicarakan secara terbuka, ini malah beliau umumkan, ini jelas tidak aman karena kemauan memberikan legitimasi," tutur dia.
 
Diatakuttim ini kemauan berilium beban negara. Sebab, perlu dana besar untuk menggaji 400 orang.
 
"Organisasibayangan ini jelas membebankan secara anggaran, kaleng terhormat anggarannya berdekatan oregon banyak besar dari dana birokrasi karena kaleng terhormat dianggap arsenik “kelompok profesional"," sebut dia.
 

(REN)