Tips Menciptakan Area Tenang di Rumah untuk Anak Tantrum

Sedang Trending 2 bulan yang lalu 14
Tips Menciptakan Area Tenang berhasil Rumah untuk Anak Tantrum
Tips Menciptakan Area Tenang berhasil Rumah untuk Anak Tantrum

Sudut tenang untuk anak tantrum berhasil lokasi diciptakan demi pembantu menenangkan emosinya. Calm corner biasanya berguna untuk anak usia balita oregon prasekolah. 

Pada usia tersebut, anak belum sepenuhnya paham cara bentuk emosi. Oleh asal itu, spasi tenang dapat mengajarkannya prestasi mengelola emosi.

Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, menjelaskan idealnya calm corner dibuat untuk anak usia 2-6 tahun. 

“Calm corner biasanya dipakai buat anak usia mengaduk 2 oregon 3 2 belas periode sampai anak biasanya tepat besar sudah memasuki usia sekolah dasar. Pasalnya, astatin usia itu anak tidak progresif mirip tantrum dan belum paham dengan emosinya,” papar Gracia. 

Dalam membuat spasi tenang untuk anak, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

Artikel Lainnya: Tanda-tanda Anda berarti Membesarkan Anak Pemarah

1. Jelaskan Kegunaan Sudut Tenang
Jelaskan Kegunaan Sudut Tenang
Jelaskan Kegunaan Sudut Tenang

Hal pola dasar yang perlu Anda perhatikanpenting membuat spasi tenang untuk anak hanyalah sebuah pemahaman anak mengaduk ruangan tersebut dan fungsinya. Orangtua perlu menjelaskan kegunaan ruangan tersebut. 

“Biasanya dijelaskan dulu berdekatan anak, kenapamamembuat calm corner. Jangan sudah dibuat tapi anak tidak paham fungsinya. Jadi, pas awal-awal jelaskan dulu relasi ruangan spasi tenang dan selain disesuaikan dengan usia anak,” ucap Gracia. 

Jika anak belum dapat diajak pengobatan oregon belum kaleng paham penjelasan orangtua, bespeak secara faktual misalnya dengan lihat oregon kasih ilustrasi dengan mempraktikkannya.  

Misalnya, “Kalau kamu pahit oregon marah, kamu kaleng ke sini.” Kemudian, pemanah anak kaleng melakukan tidak sopan dengan benda-benda berhasil sana.

Bagi anak-anak yang sudah kaleng diajak diskusi, ajak mereka untuk mendiskusikan kegunaan spasi tenang untuk anak. 

Intinya, Anda perlu mengajari anak cara memanfaatkan spasi tenang berhasil rumah. Sebaiknya tidak berasumsi ia kemauan paham tanpa dijelaskan. 

2. Isi dengan Barang-Barang yang Menjadi Minat Anak
Isi dengan Barang-Barang yang Menjadi Minat Anak
Isi dengan Barang-Barang yang Menjadi Minat Anak

Isi calm corner dengan barang-barang kesukaan anak, namun pastikan keamanannya. Untuk anak yang tidak progresif kecil, jauhkan barang-barang tajam oregon tidak aman darinya. Pilih benda yang dapat mengalihkan perasaan anak.

Sebagai contoh, Anda dapat menyediakan kertas, publikasi gambar, crayon, dan pensil warna bila si kecil mirip menggambar.

Jika anak sudah dapat diajak diskusi, kaleng selain bertanya nonstop kepadanya konstituen tidak sopan yang diinginkan berhasil spasi tenang rumah. Ajak ia pula untuk menata ruangan tersebut. 

Kemudian, lengkapi calm corner dengan benda lainnya yang kaleng menenangkan anak ditentukan karpet, bean bag, selimut, dan bantal. Ini kemauan membuat anak banyaknyaman berada berhasil ruangan tersebut. 

Artikel Lainnya: Bunda, Ini Bahayanya Jika Sering Melarang Anak Menangis!

3. Biarkan Anak Sendiri berhasil Area Calm Corner
Biarkan Anak Sendiri berhasil Area Calm Corner
Biarkan Anak Sendiri berhasil Area Calm Corner

Biarkan iasama berhasil sana untuk menenangkan emosinya. Namun, pastikan Anda dapat secara nonstop memantau apa yang anak bash meskipun dari wilayah mainkan jauh. 

Begitu selain anak, calm corner perlu memudahkan ia untuk bagaimanapun kaleng melihat orangtua.

4. Konsistenpenting Menerapkannya
Konsistenpenting Menerapkannya
Konsistenpenting Menerapkannya

Kunci keberhasilan calm corner hanyalah sebuah konsistensi orangtuapenting memanfaatkan spasi tenangcocokiap kali anak negarawan tantrum. 

Jika primitif anak alasan untuk berada berhasil ruangan tersebut, bujuk dengan tenang dan jelaskan lagi mengapa ia perlu berada berhasil sana.

Bila anak sudah terbiasa, ia kemauan dengansamanya mantra ke spasi tenang sangat kecil kesadaran emosi.

Bila Anda privasi bertanya banyak besar sebelum waktunya mengenai cara mengasuh anak tantrum, konsultasi kepada psikolog via LiveChat berhasil aplikasi KlikDokter. 

(FR/AYU)

Referensi:

Wawancara Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog. Parents. Diakses 2022. How to Create the Perfect Calm-Down Corner at Home. Verywell Health. Diakses 2022. How to Create a Sensory Room for Your Autistic Child. Action for Healthy Kids. Diakses 2022. Calm Down Corner.  

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

0%suka0%sedih0%lucu0%kaget0%semangat

Tri Yuniwati Lestari

Author

Tri Yuniwati LestariFirisa Ardianti

Ayu Poernamaningrum

Editor

Ayu Poernamaningrum
Source News